Wednesday, January 13, 2010

Gerhana Matahari Pertama di 2010



NEW DELHI - 15 Januari akan menjadi hari munculnya gerhana matahari pertama pada tahun ini. Bahkan peristiwa ini akan menjadi gerhana terlama sepanjang millenum ini.


"Gerhana kali ini tidak hanya peristiwa pertama yang akan terjadi tahun 2010 ini, tapi juga akan menjadi gerhana terlama sepanjang millenium ketiga ini. Di India sendiri gerhana ini akan berlangsung pukul 11.00 pagi hingga pukul 15.00 sore," ujar Asosiasi Astronom Ajay Talwar, seperti dikutip melalui Space Daily, Senin (11/1/2010).

Menurut Talwar, sepanjang tahun 2001 hingga tahun 3000 mendatang, tidak akan ada lagi gerhana matahari dengan kurun waktu terlama seperti ini, bahkan hingga empat jam lamanya.

"Gerhana tersebut akan terlihat pertama kali di Wilayah Selatan Kanyakumari di Tamil Nadu, lalu melewati Rameshwaram dan Dhanushkodi. Di tempat itu pula gerhana matahari akan terlihat lebih bagus. Setelah itu, gerhana akan berlanjut ke Kerala dan berakhir di Mizoram," ujar Talwar.

Selain wilayah-wilayah tersebut, penduduk India di belahan wilayah lainnya tidak akan terlalu mendapatkan pemandangan gerhana yang jelas.

Menurut situs NASA, pada 15 Januari matahari akan terlihat memutar, dimulai dengan menyambangi benua Afrika terlebih daulu, melewati Chad, Afrika, Kongo, Uganda, Kenya dan Somalia.

"Setelah meninggalkan Afrika, gerhana tersebut akan melewati Lautan India dengan durasi maksimum sekira 11 menit 8 detik. Setelah itu, perjalanan gerhana akan dilanjutkan ke Bangladesh, India, Myanmar dan China," tambahnya.

Diungkapkannya, gerhana tersebut akan melewati banyak wilayah berbeda dengan durasi yang semakin lama semakin berkurang.

"Di wilayah Rameshwaram, gerhana akan berlangsung selama 10 menit 8 detik, dilanjutkan ke Kanyakumari dengan durasi yang berkurang menjadi sekira sembilan menitan, begitu seterusnya," tandas Talwar.
Bookmark and Share

6 comments:

maria said...

biasanya kalau dijawa kalau ada gerhana dibulan sapar (penanggalan jawa) kita semua harus cuci muka dengan air campur temu kunci,supaya awet muda .nice info ,trima kasih mr bahbah

Kadut said...

di indonesia munculnya jam brp?

Mr.BahBah said...

@Maria : oh gitu yah, aku baru tau klo harus cuci muka pake itu. makasih infonya juga ^^

@Kadut : di indonesia mungkin ga dilewati gerhana mataharinya. soalnya yang dilewati hanya negara Chad, Afrika, Kongo, Uganda, Kenya, Somalia, Bangladesh, India, Myanmar dan China

Mr.BahBah said...

ada tambahan..

Di Indonesia, gerhana matahari hanya terlihat di Sumatera, Kalimantan, Jawa Barat hingga Jawa Tengah, Sulawesi Utara dan Lhokseumawe

kemunculan gerhana di Bandung sebesar delapan persen akan nampak mulai pukul 14.30 WIB hingga 15.55 WIB

wilayah Sumatera fenomena gerhana akan terlihat sebesar 10 hingga 60 persen, Kalimantan sekira 0 hingga 20 persen, Jawa Barat hingga Jawa Tengah akan bisa terlihat sebesar 0 sampai 11 persen dan Sulawesi Utara sekira 0 sampai lima persen

Lhokseumawe diprediksi menjadi wilayah yang berpeluang lebih besar bisa melihat gerhana. Persentase kemunculan gerhana di wilayah ini diperkirakan sebesar 53,7 persen dan berlangsung pada pukul 13.45 WIB sampai 16.44 WIB.

Bagi warga Jakarta yang menantikan fenomena ini, LAPAN memberikan bocoran kemunculan gerhana hanya akan terlihat sekira 11,1 persen saja dan terjadi mulai pukul 14.33 hingga 16.00

Septian Dimas said...

pakde pakde,piye toch orang yang buat beritanya,bisa g liat kejadiannya malah lupa kwkwkww,,

=)
sipirili,,,

Mr.BahBah said...

@Septian Dimas : hahaha..namanya juga lupa..kebanyakan tugas jadi lupa ^^

Post a Comment