Wednesday, February 3, 2010

Koin Kuno Berusia 211 SM Ditemukan


LONDON - Pada saat penggalian tempat bersejarah di Leicestershire, desa Hallaton, Leicester, Inggris para arkeolog dan ilmuwan menemukan koin perak yang berasal dari masa 211 SM.

Koin perak yang amat langka tersebut diyakini sebagai mata uang tertua milik bangsa Roma. Pencarian menggunakan alat pendeteksi logam menemukan terdapat koin-koin yang diperkirakan berumur 2.221 tahun di antara 5.000 keping koin lainnya.

Satu keping koin tersebut ada yang dihiasi gambar tentara Roma dengan topi khasnya dan mangkuk perak yang unik. Sedangkan sisi lainnya terdapat gambar Dewi Roma menggunakan topi khas roma. Ada pula di sisi lainnya yang memperlihatkan karakter mistik kembar Castor dan Pollux yang tengah duduk menunggangi kuda. Demikian keterangan yang dikutip dari Daily Mail, Senin (1/2/2010).

David Sprason, anggota Leicestershire County Council menyebutkan, wilayah Leicestershire memiliki banyak peninggalan sejarah masa kerajaan Roma yang pernah digali secara profesional oleh para ilmuwan dan arkeolog Inggris.

"Menemukan koin mata uang Roma tentunya merupakan sesuatu yang amat berharga," kata Sprason.

Dia juga menambahkan, temuan ini mengindikasikan adanya hubungan antara wilayah Inggris dengan kerajaan Roma. Koin tersebut di duga dikeluarkan pemerintah Roma pada masa perang Hannibalic dan tiba di daratan Inggris melalui transaksi dari tangan ke tangan. Koin bersejarah tersebut kini menghuni Harborough Museum di Leicestershire untuk dirawat dan digunakan sebagai penelitian lebih lanjut.
Bookmark and Share

3 comments:

maria said...

bentuk koinnya kayak koin lama china ,tengahnya persegi. salam dari menteng dalam

BandarKoin said...

http://bandarkoin.blogspot.com/

Check it Out!

Thanks

Mr.BahBah said...

kalau bentuknya saya kurang memahami akan hal itu..wah ada ank menteng dalam nih ^^v

Post a Comment