Tuesday, May 11, 2010

Mimpi Buruk Dapat Membunuh Kita Saat Tidur


LONDON - Masih ingat film 'A Nightmare On Elm Street' yang sukses membuat semua orang takut bermimpi buruk? Ternyata saat terlelap di malam hari, memang ada kemungkinan kita bisa mati tiba-tiba.


Film besutan Wes Craven yang ditayangkan pada tahun 80-an itu ternyata memang diinspirasi dari sebuah penyakit aneh bernama Sudden Unexpected Nocturnal Death Syndrom (SUNDS). Dalam interview yang dilakukan oleh Cinemafantastique pada tahun 2008, meski penjahat bercakar besi tidak ada hubungannya dengan sindrom tersebut, Craven menyatakan jika SUNDS mampu menyerang anak-anak muda dan menyebabkan kematian tiba-tiba saat mereka sedang tertidur.

Ahli kardiologi dari Baylor College of Medicine di Houston., Matteo Vatta mengamini hal ini. Dia memaparkan jika SUNDS merupakan penyakit genetik di mana organ tubuh mengalami kegagalan berkoordinasi satu sama lain dan mengakibatkan jantung berhenti berdetak secara tiba-tiba. Penyakit ini ditelusuri memang banyak menyerang anak-anak muda, khususnya mereka yang memiliki darah Asia Tenggara.

"Awalnya, jatung memang berdetak kencang, namun tiba-tiba bisa berhenti tanpa diduga. Biasanya, fenomena ini terjadi pada malam hari, dan di Asia  Tenggara, kematian karena penyakit ini lebih banyak terjadi daripada kematian akibat kecelakan berkendara," ujar Vatta, seperti dikutip melalui Live Science, Senin (10/5/2010).

Dipaparkan Vatta, penyakit ini lebih sering menyerang di malam hari karena jantung berdetak cukup lemah saat tidur. Hal ini menyebabkan tubuh memiliki resiko untuk kehilangan kendali dalam mengatur detak jantung. Sebelumnya juga pernah ada teori jika SUNDS memiliki sebab akibat dengan kondisi stres tinggi yang menyebabkan mimpi buruk, tapi studi ilmiah belum pernah menemukan adanya korelasi antara kematian karena SUNDS dengan jenis mimpi yang dialami seseorang.

"Saat ini belum ada pengobatan khusus terkait SUNDS dan belum ditemukan alasan, kenapa masyarakat di Asia Tenggara memiliki frekuensi kematian SUNDS lebih banyak ketimbang wilayah lain. Lagipula, sindrom ini sangat sulit dideteksi, bahkan dengan menggunakan teknologi elektrokardiografi sekalipun," ujar Vatta.

SUNDS ditemukan pertama kali pada tahun 1970-1980. Kala itu, para dokter yang berasal dari AS dan Eropa mengenali sindrom ini dari pengungsi perang Vietnam. Para pengungsi keturunan Asia Tenggara yang diperbolehkan menetap di AS ini tiba-tiba dikejutkan dengan deretan peristiwa kematian misterius dimana banyak dari mereka yang tidak lagi terbangun saat tidur di malam hari. Peristiwa ini cukup menarik perhatian media kala itu. Tidak heran jika film 'A Nightmare On Elm Street' kemudian muncul di tahun yang sama.
Bookmark and Share

20 comments:

SCC said...

Wah...wah...wah....

Jadi takut gw lo tdur mimpi buruk gtu.
hiiiiii.......

Tp bner juga tuh. Gw pernah mimpi buruk. Bngun2 jantung deg2an. duh.... tanda2 ne.
wkkwkkkkkkk

Mr.BahBah said...

hahaha .. ati2 deh dari sekarang .. takutnya knp2 .. dan yang paling penting jangan lupa doa dolo kalau mo tidur .. ^^v

Q Ingin Bisa said...

wah jadi takut nih tidur malam...wkwk..gimana nih kalau menular di indonesia, v\bisa bahaya tugan....!!!ok sip postingnya..jangan lupa koment balik yah ditunggu

Aditya said...

Maut emang bisa datang kapan saja.. bahkan lagi tidur.. Apalagi kalo tidurnya di jalan tol.. he he he.. Salam kenal..

Mr.BahBah said...

tapi ga usah lebay gtu juga..masa ga tidur malem..mo begadang terus emangnya..hehehe..

"om_rame" said...

daLam istiLah orang jawa adaLah erep-erep, pada saat bermimpi seoLah-oLah seperti kejadian sebenarnya.
ada sedikit pengaLaman nih waktu duLu nginap di rumah teman di soLo Jateng. saat tidur sy bermimpi buruk, yaitu dgn tiba2 ada orang yang datang dan Langsung mencekik sy hingga tdk bs berbuat apa2 napas jadi sesak, teriak pun tidak bisa, meronta seoLah badan terkunci. yg bisa diLakukan hanya berdoa sambiL membuat hentakan sekuat tenaga u/ meLepaskan diri. saat terbangun, huft seLuruh badan penuh keringet, napas ngos-ngosa dan jantung berdebar kencang.

Mr.BahBah said...

saya juga pernah mengalami yang seperti itu. seperti ada orang yang menutupi muka ampe ga bisa ngeliat, susah buat bangun, pokoknya stuck aja ditempat tidur. ga bisa gerak, padahal udah dipaksa untuk gerak.

"om_rame" said...

semaLam tidak bermimpi buruk

Mr.BahBah said...

untung deh klo semalem ga mimpi buruk..^^v

Gudangrusak said...

Wah.... parah nih. jadi takut tidur... wkwkwkwk :D

Mr.BahBah said...

ah lebay lo..wkwkwkwkwk..piss ^^v

~*Bintang-Narondang*~ said...

ckckckck sampe gtu yaa...

Mr.BahBah said...

mungkin kmu gara2 sering mimpi buruk yah klo dimalem hari..ampe2 kmu susah tidur malem..hayooo..ckckckkc..ngaku deh jien.. :p

"om_rame" said...

masih mimpi buruk kah, om?.
saya sedang mengaLami mimpi terburuk, koneksi yg sangad LOLA. hehehehehe.

Mr.BahBah said...

klo itu mah mimpi buruk yg sangat mengganggu sekali..hahaha..^^v

Nand said...

wah mbujuk iku hihihi

Mr.BahBah said...

beneran yooo..huahahahha...^^v

cheat said...

Ampon dah penyakit skrg!

Mhya said...

maut memang selalu mengintai kita, pada saat apapun bisa saja terjadi termasuk ketika kita sedang bermimpi pun bisa juga jadi kenyataan..

Mr.BahBah said...

@Cheat : haha!!

@Mhya : iya bener banget, hanya TUHAN yg tau.

Post a Comment